Rabu, 14 Desember 2011

Universitas Indonesia Raih Peringkat ke 22

Laporan Wartawan Tribunnews.com/ Nurmulia Rekso P

TRIBUNJAKARTA.COM, DEPOK—Universitas Indonesia (UI) kembali mengeluarkan information pemeringkatan perguruan tinggi terbaik di dunia yang memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus, UI GreenMetric Ranking of World Universities 2011.Kali ini, UI berhasil meraih peringkat 22, dengan sum skor skor 7,124.39, dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi asal Indonesia yang berada dalam 30 besar dunia UI Green Metric of World Universitites 2011.

Peringkat pertama diraih  oleh University of Nottingham, Inggris, dengan skor 8,033.54, diikuti oleh Northeastern University dari Amerika Serikat dengan skor 7,981.46, dan di peringkat ketiga University of Connecticut dari Amerika Serikat dengan skor 7,708.02.
Rektor UI, Prof. Gumilar Rusliwa Somantri, dalam pengumuman UI Green Matric of World Universities di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/12/2011), mengatakan bahwa UI Green Metric adalah salah satu ikon kebanggaan UI, karena telah menarik ratusan perguruan tinggi di dunia dengan menjadikan UI GreenMetric sebagai referensi mereka  dalam mengembangkan infrastruktur kampus yang ramah lingkungan.
Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa standar yang digunakan UI menjadi standar yang dapat diterima untuk diterapkan sebagai indikator pengukuran tidak hanya oleh perguruan tinggi ternama di negara maju, tetapi juga di negara berkembang, bahkan perguruan tinggi  di daerah rawan seperti Palestina.
”Melalui hasil pemeringkatan UI GreenMetric, UI berharap dapat menjadi salah satu engine penggerak peningkatan kesadaran pentingnya menerapkan cara-cara terbaru untuk hemat energi, penggunaan atmosphere yang bijaksana, pengolahan limbah yang terencana, dan sistem transportasi yang ramah lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Sebagai perguruan tinggi yang menjadi trend setter dalam pemeringkatan dibidang keberlanjutan dan lingkungan hidup, saat ini, UI GreenMetric sudah dapat disejaarkan dengan  Shanghai Jiao Tong University yang kini menjadi lembaga pemeringkatan dunia berbasis pencapaian akademik dan  Webometrics yang telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjadikan masyarakat kampus menjadi indication contoh bagi masyarakat lingkungannya.
Berdasarkan hasil korespondensi dan consult serta pemeringkatan langsung yang dilakukan secara online, terpilih 178 Universitas dari 42 negara di dunia yang memenuhi standar penilaian tim UI GreenMetric yang dipimpin Prof. Riri Fitri Sari.   Tahun ini, UI GreenMetric Ranking of World Universities 2011 meningkat dimana pada tahun 2010 diikuti 95 perguruan tinggi.
Beberapa negara yang berpartisipasi dalam UI GreenMetric Ranking of World Universities 2011 antara lain adalah Perancis, Palestina,Chile, Cekoslovakia, Romaniah, South Afrika. Pemeringkatan UI Green Metric of World Universities 2011 dilandasi oleh tiga filosofi dasar, yakni Enviroment, Economic, dan Equity (3’Es).  Berbagai peningkatan metodologi dan survei terus dilakukan oleh Tim UI Green Metric guna menghasilkan pemeringkatan yang komprehensif, salah satunya dengan mengembangkan bobot indicator penilaian yang terdiri dari Statistik Kehijauan Kampus (24 %), Pengelolaan Sampah (15%), Energi dan Perubahan Iklim (28%), Penggunaan Air (15%), dan Transportasi (18%).

Prof. Riri Fitri Sari bahwa tahun ini, UI GreenMetric telah diterima sebagai anggota IREG Observatory (International Ranking Expert Group) yang berpusat di Belgia, dengan referensi dari US News Ranking, HEEACT rangking Taiwan, dan IHEP Washington DC. “IREG adalah lembaga yang penting karena IREG melakukan module review dan sertifikasi bagi lembaga pemeringkatan universitas sedunia”. 
Selain itu, berbagai analisa pemanfaatan pemeringkatan universitas di forum UNESCO dan IREG (International Ranking Expert Group observatory), serta berbagai publikasi ilmiah di Jurnal internasional di Eropa dan Amerika  telah menggunakan UI GreenMetric sebagai salah satu pemeringkatan universitas sedunia yang inovatif dan sesuai dengan tema utama pengembangan masyarakat dunia mengantisipasi perubahan iklim global.

2 komentar:

4kopisusu Online mengatakan...

waduhhh ...kalo unej tempat aku belajar mendapat peringkat berapa yahhh

Imam syafaat mengatakan...

hehe , . . .n0 berapa ya, . . Ingin tahu? . . Kunjung terus ya, . . Ntar faat kunjung balik deh. . . . .makash dah mau kunjung, . . .by faat

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya