Selasa, 24 Januari 2012

Pecel punten khas kota kediri



Sebenarnya Pecel punten Bukan makanan khas kota kediri, Namun Warung yang menjual Pecel punten inilah yang mempunyai ciri khas tersendiri, lain halnya dengan Pecel dan tumpang, memang telah melekat bagi warga Kediri. Pagi, siang, bahkan malam, pecel selalu dicari dan dinanti para penikmatnya. Panganan dari berbagai sayuran dan siraman bumbu pecel ini biasanya dimakan dengan nasi dan rempeyek. Plus berbagai lauk-pauk.

Trus Apa sich Pecel punten itu ? Punten merupakan panganan sejenis jadah. Terbuat dari beras dan kelapa. Kalau pecelnya gak ada perbedaan dengan pecel pada umumnya. Hanya saja tidak memakai nasi, Melainkan diganti punten dan kerupuk pasir.
Pecel punten kreasi Sumiati ini memang istimewa. Karena, panganan ini masih jarang ditemui. “Paduan pecel dengan punten ini memang belum banyak yang jual,” terangnya. Apalagi rasanya juga mantap. Sayuran untuk pecelnya adalah kangkung, bayem, kenikir, kembang turi, kecipir, kacang, dan kecambah. “Kadang sayurnya digilir juga, karena nggak setiap hari ada,” lanjut perempuan berusia 43 tahun ini.
Semua bahan dimasak sendiri oleh Sumiati, dibantu dengan pegawainya. Baik punten dan sambel pecel. “Sambel pecel sama saja bahannya dengan yang lain, tapi lebih berani bumbu,” ujar ibu tiga anak ini. Ini yang membuat rasa sambel pecelnya sedap dan nikmat.
Ide Sumiati yang asli Blitar ini berawal saat merawat ibu mertuanya yang sakit darah tinggi dan kencing manis. Karena, tak boleh mengkonsumsi nasi, dia pun mengganti nasi dengan punten. Ternyata hal itu bisa membantu menyembuhkan sang ibu.
“Matur suwun, mbenjeng mriki maleh nggih!” ( artinya: Terimakasih, besok kesini lagi ya) seru keluarga Sumiati kepada setiap pembeli sembari tersenyum. Kata-kata inilah yang kini menjadi ciri khas warung pecel punten ibu sumiarti

Link : http://www.kotatahuku.info/2009/06/pecel-punten.html

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya