Senin, 05 Maret 2012

Tips untuk Baterai Ponsel yang Lebih Tahan Lama


Ketika Nokians harus melakukan panggilan penting, indikasi baterai pada ponsel menunjukkan 1 bar daya yang tersisa, bahkan sampai sudah muncul notifikasi untuk segera men-charge ponsel. Hal diatas pasti pernah Nokians alami bukan? Walaupun mungkin beberapa dari Nokians membawa baterai cadangan, kita perlu untuk memanfaatkan daya pada baterai dengan lebih efisien,
Kita ketahui bahwa ponsel Nokia memiliki reputasi yang baik tentang ketahanan baterai, didukung dengan fitur-fitur penghemat daya -- bahkan hingga notifikasi kapan baterai sudah terisi dengan penuh sehingga Nokians bisa memutuskan daya listrik. Tapi tentunya akan lebih menyenangkan jika kita memiliki tips ekstra, sebagai berikut:
1. Power Save
Seperti yang mungkin sudah diketahui bersama, tergantung dari model ponsel yang Nokians gunakan, ponsel kamu sudah dilengkapi dengan fitur Power Save (hemat daya) yang bisa kamu aktifkan atau otomatis aktif ketika daya pada baterai sudah menipis.
2. 3G/Bluetooth/Wi-Fi
Siapa yang tidak mau memiliki ponsel pintar yang dilengkapi 3G? Akan tetapi walau kita memiliki koneksi 3G, bukan berarti kita menggunakannya sepanjang waktu. Jadi jika tidak sedang digunakan maka matikanlah atau pindahkan ke GPRS. Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth ketika sedang tidak digunakan juga akan membantu.
3. Kurangi multi-tasking
(membuka lebih dari satu aplikasi atau melakukan aktifitas di ponsel dalam satu periode yg sama).
Walaupun fungsi multi-tasking pada smartphone sangat berguna, hal itu juga menyedot daya (salah satu contohnya untuk Nokians yang sangat aktif dengan aplikasi Twitter). Cara cepat dan mudah mengurangi ini, dapat menggunakan aplikasi App Stop (Nokians bisa mendownload gratis di Ovi Store, silahkan klik disini)
4. Kurangi Kecerahan Layar (Brightness)
Ternyata kecerahan layar memiliki pengaruh terhadap daya, coba kurangi kecerahan layar ponsel kamu untuk menghemat daya.
5. Jaga Temperatur Baterai
Baterai Lithium Poly Ion (or Li-Poly) memiliki 40% tambahan kapasitas daya dari baterai sebelumnya, dengan ukuran yang sama. Walaupun itu berarti tambahan waktu bicara, Nokians tetap harus menjaga baterai tersebut dalam temperatur ruangan dan hindari meletakkan ponsel di tempat yang panas, karena dapat menyedot daya pada baterai.
6. Kontrol pada Dering
Jika kamu mengaktifkan dering pada ponsel (untuk panggilan maupun pesan masuk), cobalah untuk mengurangi volume beberapa level.
7. Jika Tidak Dapat Terlepas dari Email
Kurangi frekuensi sinkronisasi email (push email) akan mengurangi pemakaian data dan daya baterai.
8. Kembali ke Hitam
Tahukah kamu bahwa layar AMOLED membutuhkan daya lebih sedikit jika menampilkan warna hitam daripada putih? Jadi, mengubah warna latar menjadi hitam bisa menghemat beberapa menit daya pada baterai.
9. Getar
Bukan berarti tanda getar sepenuhnya tidak baik, melainkan kurang efisien. Mengaktifkan getaran merupakan fitur penyedot daya utama pada ponsel. Jadi ketika mengaktifkan tanda getar, tanyakan kembali, apakah kamu sedang memerlukannya?
10. Aplikasi Baterai Life Extender
Aplikasi ini bisa Nokians dapatkan di Ovi Store (silahkan klik disini) bisa membantu memperpanjang waktu stand-by hingga 30%. Lihat kompatibilitasnya untuk ponsel Nokians sebelum mendownload.
Semoga tips ekstra ini bermanfaat untuk Nokians. Kami yakin ada lebih banyak lagi tips untuk memperpanjang daya baterai dari kalian, jadi silahkan berbagi!
(Sumber: Nokia Blogs - http://nokia.ly/qLSzJ5)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya