Jumat, 27 Juli 2012

Mobil Listrik Siap Dikembangkan

Kompas/Ester Lince Napitupulu
Mendikbud Muhammad Nuh mengamati mobil "Gang car" buatan PT Dirgantara Indonesia. Keempat mobil "Gang Car" akan dikonversi jadi mobil listrik.

 
BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah optimistis mobil listrik nasional dapat dikembangkan di Indonesia. Bahkan, pemerintah telah membentuk Pusat Pengembangan Teknologi dan Industri otomotif.
"Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan untuk riset dan menghimpun potensi yang ada. Perguruan tinggi, BUMN, LIPI, memiliki potensi dan siap mengembangkan mobil listrik yang hemat energi," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Nuh, saat melakukan kunjungan kerja ke PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Jumat (27/7/2012) ini.

Menurut Nuh, teknologi mobil listrik di dunia belum lama berkembang. Karena itu, Indonesia masih bisa mengejar untuk mengembangkan mobil listrik nasional sendiri.
"Ada city car, bus, dan angkutan barang yang sudah dikembangkan. Mobil yang potensinya cukup besar memang city car. Tetapi nanti yang lain juga dikembangkan," kata Nuh.
PT Dirgantara Indonesia pada kurun 200-2003, telah membuat prototype mobil dan pikap berukuran kecil yang bisa masuk ke dalam gang. Ada tiga mobil berkapasitas 2-4 penumpang dan satu pikap kecil diberi nama "Gang Car" yang telah memiliki hak kekayaan intelektual (HAKI). Keempat mobil ini diserahkan kepada Kemendikbud untuk dikoversi menjadi mobil listrik.
"Mobil yang dibuat PT Di ini memakai bahan bakar. Kami mendukung mobil ini dikonversikan menjadi mobil listrik yang diprogramkan pemerintah. Kami serahkan mobil ini diteliti dan dikembangkan lebih lanjut," kata Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Budi Santoso.
Nuh mengatakan, dalam pengembangan mobil listrik yang mendapat dukungan penuh dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dilibatkan 6 perguruan tinggi negeri. Perguruan tinggi itu adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Bandung, Institu Teknologi Sepuluh November, dan Politeknik Manufaktur Bandung.
Ada juga institusi di bawah Kemenristek seperti LIPI dan BPPT. Untuk perusahaan ada PT Dirgantara Indonesia, PT Industri Kereta Api (Inka), dan PT LEN.
Menurut Nuh, prototype mobil listrik yang jumlahnya lebih dari 20 unit akan dipamerkan di Bandung dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi. Mobil listrik akan jadi produk unggulan nasional.
Nuh mengatakan pada tahun ini fokus pada menghimpun seluruh potensi pengembanan mobil listrik. Tahun depan pada prototype, dan pada 2014 siap diproduksi massal.

sumber : kompas.com

2 komentar:

ferry lazzuardo mengatakan...

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil baru honda

harga honda brio bekas mengatakan...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga honda brio bekas

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya