Minggu, 25 Desember 2011

7 Geoparks Baru Yang ditetapkan UNESCO


Ini dia  7 gunung berapi gletser baru disertai keindahan alamnya yang telah tergabung dalam Jaringan Global Geoparks Nasional yang ditetapkan UNESCO.

CNNgo menyebutkan, Jaringan Global Geoparks Nasional didirikan pada 2004 untuk mempromosikan manajemen yang lebih baik dari warisan geologi dunia. Dengan tambahan baru, jaringan sekarang memiliki 87 situs dari 27 negara.

PBB menyatakan untuk memenuhi syarat sebagai geopark, situs harus geologis langka dan ilmiah dan  juga harus dikelola dengan rencana untuk pembangunan berkelanjutan, Bonus poin diberikan jika manfaat kawasan ekowisata yang sehat.

So, ini dia 7 Geoparks yang baru:

Bauges, Prancis
Taman Bauges berada di daerah di utara-barat Pegunungan Alpen Prancis yang menyerupai sebuah benteng batu dari jauh. Bauges terdiri dari tebing kapur yang besar dan kokoh, dan bebatuan tajam. Bageus juga rumah bagi lahan basah, danau, mata air dan gua.

Katla Geopark, Islandia
Geopark ini dinamai setelah gunung berapi Katla besar. Satu lagi yang terkenal adalah Eyjafjallaj'kull, gunung berapi yang melumpuhkan lalu lintas udara Eropa pada bulan April 2010. Ciri-ciri daerah ini adanya kawah gunung berapi, lava bidang, gletser dan gunung-gunung.

Burren dan Cliffs of Moher Geopark, Irlandia
Geopark ini, terletak di pantai barat Irlandia, pemandangan berupa perbukitan kapur dan dataran tinggi, tebing terjal yang langsung menuju ke laut, dan saluran air bawah tanah yang menenggelamkan muncul dari jaringan besar gua.
Jejak  manusia 6.000 tahun lalu dapat ditemukan di daerah tersebut.

Hong Kong Geopark, Cina
Meskipun ukurannya relatif kecil hanya 49,85 kilometer persegi, tapi taman nasional ini sangat indah.  Geopark ini hasil erosi dari gelombang yang masuk sepanjang 150 kilometer dari garis pantai. Usianya diperkiran 520  tahun.

Apuan Pegunungan Alpen, Italia
Pegunungan Alpen Apuan berada di utara-barat Tuscany, di tengah perbatasan utara semenanjung Italia. Taman ini adalah rumah bagi banyak spesies asli, serta ngarai dan gua karst besar. Apuan Pegunungan Alpen terkenal dengan marmernya, yang dikenal sebagai marmer Carrara, dari mana Michelangelo David dipahatkan.

Geopark Muroto, Jepang
Geopark Muroto, Jepang, merupakan pegunungan di Jepang barat yang pernah terendam oleh laut, tetapi kembali dilemparkan  ke permukaan oleh gempa bumi selama ribuan tahun. Ini adalah tempat utama studi ilmiah untuk prediksi gempa besar dan tsunami.

Tianzhu Geopark Shan, Cina
Tianzhu Shan Geopark di provinsi Anhui China adalah lanskap pegunungan yang luas, dengan puncak granit, gua, air terjun dan mata air. Termasuk didalamnya fosil mamalia dan eclogites, khususnya batu padat yang terbentuk di bawah tekanan yang ekstrim yang mendorong konveksi dalam Bumi. 


sumber : apa  aja boleh

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya