Senin, 30 Januari 2012

Disain Motor Kanzen Dipatenkan di Mancanegara


20081212111

Produk sepeda motor nasional Kanzen ‘Taurus’ dan variannya ‘Taurus Ultima’ yang merupakan hasil karya terbaik puteraputeri anak bangsa kini sudah mendapatkan perlindungan paten di mancanegara menyusul telah dipatenkannya disain produk sepeda motor tersebut secara internasional.
Selain di patenkan di Indonesia sendiri, PT Kanzen Motor Indonesia (KMI), produsen sepeda motor Kanzen, juga telah mendaftarkan hak paten disain sepeda motor Kanzen Taurus dan Kanzen Taurus Ultima di negara-negara ASEAN dan China sebagai upaya untuk melindungi hak kekayaan intelektual disain produk sepeda motor buatan Indonesia tersebut di pasar domestic maupun global.

“Disain sepeda motor Kanzen ‘Taurus’ dan ‘Taurus Ultima’ telah kami daftarkan hak patennya di Indonesia, di negara-negara ASEAN dan juga di China. Pengakuan hak paten ini diperlukan karena secara internasional akan memberikan perlindungan dan nilai kompetitif bagi ‘Taurus’ dan ‘Taurus Ultima’ di era pasar bebas,” kata Presiden Direktur PT KMI, Rini Mariani Soemarno di sela-sela acara peluncuran produk terbaru sepeda motor Kanzen ‘Taurus Ultima’ oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Karawang, Jawa Barat belum lama ini.
Menurut Rini, sepeda motor Kanzen Taurus dan variannya Taurus Ultima merupakan satu-satunya produk sepeda motor nasional buatan Indonesia yang ada di pasaran dewasa ini. Sedangkan produk sepeda motor lainnya yang kini diproduksi perusahaan patungan di dalam negeri tidak bisa dikategorikan sebagai produk nasional (walaupun seluruhnya kegiatan produksinya di dalam negeri) karena disainnya tetap milik perusahaan prinsipal di luar negeri.
2008121226
“Kami sangat menyadari bahwa di kalangan masyarakat masih sering terdengar bahwa produk dalam negeri belum memperoleh penghargaan yang seharusnya. Bahkan sering dikonotasikan sebagai produk marjinal. Sepeda motor Taurus dan juga Taurus Ultima dapat menepis anggapan itu dan menjawab tantangan bahwa bangsa Indonesia sebenarnya mampu menghasilkan produk nasional berkualitas setara dengan produk-produk bertaraf internasioal,” kata mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan itu.
PT KMI yang sebelumnya bernama PT Semesta Citra Motorido (SCM) berdiri pada tahun 2000. Perubahan nama perusahaan dilakukan pada April 2006 sebagai bagian dari upaya untuk lebih mempopulerkan Kanzen di masyarakat. Perubahan nama tersebut juga merupakan bagian dari komitmen Kanzen untuk terus melakukan perubahan ke depan agar Kanzen lebih dicintai masyarakat. Kanzen ingin menjadi produsen sepeda motor nasional yang pertama dengan produk yang berkualitas dan terbaik.
Kegiatan industri sepeda motor perusahaan tersebut dimulai dengan tahap perakitan sepeda motor sebagai awal dari alih teknologi. Tahap berikutnya meningkat ke tahap pengelasan kerangka dan akhirnya sampai pada tahap pembuatan mesin. Sebagian besar kegiatan industri sepeda motor tersebut dilakukan dengan menggandeng perusahaan-perusahaan komponen di dalam negeri sehingga kandugan lokal sepeda motor Kanzen, khususnya Taurus dan Taurus Ultima kini telah mencapai lebih dari 85%.
2008121238
Cita-cita untuk membuat sepeda motor yang sepenuhnya dirancang bangun oleh putera puteri Indonesia baru terwujud pada akhir April 2005 berupa prototype sepeda motor buatan Indonesia ‘Taurus’. Sepeda motor Taurus menjadi kebanggaan seluruh karyawan PT KMI, karena meraih penghargaan Gold Award pada ajang Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2005 yang diselenggarakan oleh Pusat Desain Nasional.
“Rancang bangun dalam proses pembuatan motor nasional yang dilakukan oleh para insinyur dan teknisi kami meliputi proses drawing, modeling dan prototyping termasuk disain sistem engineering seperti tangki dan sensor bahan bakar yang kesemua ini kemudian kami ajukan hak patennya secara internasional,” kata Rini.
Rini mengatakan kegiatan rancang bangun seperti itu sampai kini tidak dilakukan oleh produsen motor patungan di Indonesia. Sebab kegiatan itu hanya dilakukan di negara prinsipal, sehingga hak patennya dimiliki prinsipal yang berada di negara prinsipal. Karena itu, walaupun motor tersebut sepenuhnya diproduksi di Indonesia, namun tetap tidak dapat dikatakan sebagai produk nasional Indonesia.
Sepeda motor Kanzen Taurus mulai diproduksi massal dan dipasarkan pada bulan September 2005 dan ternyata mendapat respons positif dari masyarakat. “Dalam perjalanannya kami memperoleh masukan berharga dari banyak konsumen yang mendorong kami untuk memproduksi Taurus tipe baru yang kami beri nama ‘Taurus Ultima’.
2008121241
Produk sepeda motor Kanzen ‘Taurus Ultima’ merupakan varian terbaru dari sepeda motor Kanzen Taurus dengan versi bebek trail melalui kegiatan pembaruan inovasi dan teknologi. Taurus Ultima digerakkan oleh mesin Taurus standar 110 cc, 4 tak dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang sesuai dengan medan berbukit, namun tetap enak dikendarai untuk kebutuhan transportasi harian. Sepeda motor Taurus semi trail ini dapat menjadi pilihan masyarakat pengguna motor di daerah pertanian, perkebunan, perbukitan serta perkotaan.
Dengan berbagai keunggulan mesin dan inovasi Taurus seperti tangki depan dan indikator handphone di speedometer, Taurus Ultima menambah keunggulan dengan sistem double tank sehingga kapasitas penyimpanan bertambah dari semula 4 liter menjadi 8 liter.
Produk sepeda motor Taurus Ultima tampil dalam lima jenis warna-warni yang sporty, yaitu putih-kuning, putih-orange, putih-hijau, putihbiru dan putih-merah. Sepeda motor bebek semi trail ini tersedia dalam dua tipe versi, yaitu versi kopling manual dan kopling otomatis.
Untuk lebih mendekatkan sepeda motor Kanzen kepada masyarakat, PT KMI pada tanggal 23 Juni 2006 lalu juga telah menandatangani kerjasama dengan grup band ‘Radja’ sebagai icon Kanzen.Kerjasama tersebut dilakukan dalam rangka mendukung promosi dan program pemasaran Kanzen untuk lebih memperkenalkan serta memperkuat posisi Kanzen di pasar.
PT KANZEN MOTOR INDONESIA
Kantor Pusat :
Kantor Taman E3.3 Unit A6-7
Jl. Mega Kuningan Jakarta 12950
Telp (021) 5764363, Fax. (021) 5762281
Pabrik :
Jl. Raya Karawang Km 86, Desa Pancawati, Kec. Klari
Karawang Timur
Telp. (0267) 431694, Fax. (0267) 431693
Sumber : Majalah KINA Edisi 5 - 2008

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya