Kamis, 01 Maret 2012

Ini Dia Vihara Tertinggi di Indonesia



WATUGONG, kawasan di Selatan Semarang, menyimpan sebuah bangunan berarsitektur memukau bernama Vihara Buddhagaya Watugong yang diresmikan tahun 2006. Awalnya vihara hanya sebuah vihara kecil, namun kini bangunannya memiliki tinggi 7 tingkat, sekitar 45m. Bahkan MURI mencatat sebagai vihara tertinggi di Indonesia.

Keindahan arsiterktur menara vihara dengan ornamen bangunannya yang unik mampu menarik banyak peziarah dan wisatawan untuk berkunjung. Sekitar 8 tahun vihara sempat terbengkalai sebelum diselamatkan oleh Sangha Theravada Indonesia.


Vihara Buddhagaya Watugong adalah vihara pertama di Indonesia setelah kerajaan Majapahit runtuh. Beberapa bahan bangunan vihara didatangkan langsung dari Cina. Bangunan vihara berbentuk segi delapan dengan tingkat 2-6 yang menampilkan patung Dewi Kwan Im, dewi welas asih yang dipuja di vihara.

Pada tingkat teratas vihara terdapat patung Amitaba sebagai simbol pencapaian kesucian. Stupa di puncak vihara menyimpan butir-butir mutiara yang keluar dari Sang Budda. Namun tak ada anak tangga untuk menuju ke puncak vihara.

Sebuah peninggalan vihara tua di Watugong adalah patung Buddha tidur di bawah pohon Sala. Menurut sejarah disebutkan bahwa Sang Buddha dilahirkan di bawah pohon Sala dan begitu pula saat meninggalnya.

sumber : MetroTvNews

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya