Jumat, 29 Juni 2012

gedung pencakar langit Indonesia



Jakarta Tower adalah menara baru yang akan dibangun di ibukota Jakarta, Indonesia, di area Bandar Baru Kemayoran yang telah direncanakan sejak tahun 1995. Dikarenakan krisis ekonomi di tahun 1997, Pembangunan Jakarta Tower




Berbeda dengan minggu lalu tentang 6 usulan pencakar langit di masa depan secara global, kali ini kita membahas tentang gedung pencakar langit yang akan dibangun di Indonesia. Langsung saja, ini dia:

1 Jakarta Tower - 558 meter


Jakarta Tower adalah menara baru yang akan dibangun di ibukota Jakarta, Indonesia, di area Bandar Baru Kemayoran yang telah direncanakan sejak tahun 1995. Dikarenakan krisis ekonomi di tahun 1997, Pembangunan Jakarta Tower dihentikan dan dilanjutkan kembali pada tahun 2004. Fungsi utamanya sebagai pusat telekomunikasi dan multimedia. pada awal pembangunannya, Jakarta Tower direncanakan rampung pada tahun ini, tahun 2012. Dan tahun lalu menara ini baru memasuki pengerjaan pondasinya. Padahal, jika selesai pada akhir tahun ini maka Jakarta Tower menjadi menara tertinggi (bukan gedung) ke tiga di dunia setelah Tokyo Sky Tree (634 m) dan Canton Tower (600 m) dan menjadi menara tertinggi (bukan gedung lho..) di belahan bumi bagian selatan.



Jakarta Tower akan dibangun di area seluas 306.810 meter persegi. Gedungnya sendiri akan seluas 40.550 meter persegi dengan tinggi 558 meter. Menara ini memiliki tiga kaki berbentuk silinder yang menjulang setinggi 500 meter. Masing-masing kaki memiliki diameter 13 meter.



Pembangunan menara ini sempat terhenti beberapa kali dikarenakan masalah pendanaan. Dan 'akhirnya', dengan masalah yang sama, pembangunannya terhenti lagi sejak desember 2011 hingga waktu yang tak ditentukan.


2 (Gedung setinggi 100 lantai) - 500 meter

Gedung yang satu ini hanya baru usulan saja dan belum memiliki nama. Gedung yang direncanakan oleh BUMN Adhi Karya ini, rencananya akan dibangun di ibukota Jakarta. Dalam konsep rancangannya, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang konstruksi itu merancang gedung bermotifkan batik dan memiliki 100 lantai dengan ketinggian lebih dari 500 meter. Salah satu latar belakang pembangunan gedung ini muncul karena Adhi Karya menilai Jakarta belum memiliki ikon gedung yang bisa disandingkan seperti Petronas di Malaysia. Untuk itu, perseroan berharap bisa mempersembahkan satu karya konstruksinya bagi Indonesia. Sebagai perbandingan, Menara Kembar Petronas memiliki tinggi 451 meter.


3 Signature Tower - 638 m



Signature Tower akan didirikan di kawasan Sudirman Central Business District oleh seorang pengusaha, Tomy Winata. Gedung yang digadang-gadang akan masuk dalam 20 pencakar langit pada tahun 2020 ini akan memakan biaya US$ 1 miliar atau setara Rp 9 triliun. Tercatat, gedung yang atapnya mirip nanas ini akan memiliki tingginya 111 lantai ini berada di tengah kawasan SCBD. Gedung ini akan menjadi salah satu bangunan mixed-use berkelas dunia menjadi gedung tertinggi masa yang akan datang di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya