Senin, 25 Maret 2013

4 PTN didorong buat mobil listrik

Empat PTN Didorong Buat Mobil Listrik KOMPAS.com/Zulkifli BJPresiden dan CEO Siemens Indonesia, Hans-Peter Haesslein, memperkenalkan alat pengisian listrik untuk mobil listrik di Jakarta


JAKARTA, KOMPAS.com - Isu kenaikan harga Bahan Bakar Minyak memacu pemerintah mencari solusi alternatif sumber energi. Terkait itu, pemerintah berencana mendorong perguruan tinggi membuat mobil nasional (mobnas) bertenaga listrik.   

Direktur Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti Kemdikbu), Djoko Santoso membeberkan, saat ini ada empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didorong untuk terlibat dalam pembuatan mobnas bertenaga listrik. Masing- masing PTN tersebut yakni, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

"Keempat PTN itu dipilih karena telah memiliki basis pengembangan mobil bertenaga listrik," kata Djoko, di Jakarta, Rabu (21/3/2012).

Lebih jauh ia mengatakan, keempat PTN tersebut telah memiliki riset awal untuk mengembangkan mobnas berbasis tenaga listrik. Pengembangan ini, kata dia, nantinya akan dikombinasikan dalam satu proyek mobnas yang akan didukung penuh oleh pemerintah.

Dijelaskannya, kombinasi proyek mobnas tersebut akan dimulai pada tahap pembuatan mesin sampai desain atau rancangbangun yang berbasis pada pengembangan di masing- masing PTN.

"Prinsipnya, mobnas listrik ini akan diwujudkan sebagai solusi ke depan," jelas Djoko.

Sampai berita ini diturunkan, perencanan proyek mobnas berbasis tenaga listrik ini telah menjadi bahan diskusi antara Presiden SBY, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Dirjen Dikti serta ke-empat Rektor PTN di Istana Negara beberapa hari lalu.

Sebelumnya, Mendikbud, Mohammad Nuh juga menyampaikan, langkah ini diambil untuk efisiensi sekaligus mengurangi penggunaan BBM pasca harganya dinaikkan.

Ia menjelaskan, dibandingkan dengan energi yang bersumber dari BBM, energi listrik jauh lebih efisien. Meski tarif dasar listrik akan naik, tapi secara umum masih lebih ekonomis dibandingkan BBM.

Berdasarkan riset, efisiensi motor bertenaga listrik  bisa mencapai 80 persen. Sedangkan efisiensi motor dengan BBM hanya hanya mampu dicapai sekitar 30 hingga 40 persen. Itulah perbedaan efisiensi. Energi yang dihasilkan listrik lebih besar.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog platform are you using for
this website? I'm getting fed up of Wordpress because I've
had problems with hackers and I'm looking at options for another platform. I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

My web page mortgage loan refinance

faat mengatakan...

okay, I know, please search on google about the theme of the blog, I am using blogger platform. and to change the theme, I just edit in html or directly download the theme and upload it in the settings. and then immediately save it.

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya