Sabtu, 23 Juli 2011

Fakta-Fakta 15 Inspirator Dan Pendiri Dalam Dunia IT

Larry Page dan Sergey Brin
Google.Inc merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat yang berperan dalam pencarian internet (search engine) dan iklan online. Google merupakan satu dari banyak mesin pencari yang paling banyak digunakan di web.
siapakah penemu Google?
ini dia penemu google
Mereka adalah Lawrence "Larry" Page (kiri) dan Sergey Mikhaylovich Brin (kanan). Google dibuat tahun 1997 oleh kedua pria ini ketika mereka masih menjadi mahasiswa Universitas Stanford. Mereka sering dijuluki "Google Guys".

Page lahir di Lansing, Michigan pada 26 Maret 1973. Dia adalah seorang lulusan dari East Lancing High School. Dia memperoleh gelar Bachelor og science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan dengan pujian dan seorang lulusan Master dari Universitas Stanford

Brin lahir di Moscow, Soviet union pada 21 Agustus 1973. Brin mempelajari Ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan google bersama Larry Page. Ayah dan Ibunya merupakan Ahli Matematika lulusan Moscow State university. Brin pindah ke Amerika Pada usia 6 tahun. Ayahnya merupakan orang yang berperan besar terhadap ketertarikan Brin pada Matematika. Pada bulan September 1990, setelah lulus dari Eleanor Roosevelt High School. Brin diterima di University of Maryland, College Park. Di sana ia mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika, dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Brin kemudian melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di stanford university melalui beasiswa dari National Science Foundation. Ia menerima gelar masternya pada bulan Agustus 1995.Brin juga memiliki gelar MBA dari IE Business School.

Mereka membuat Google pada Januari 1996 sebagai projek riset ketika mereka berdua mahasiswa Ph.D di universitas Standford California. Page dan Brin awalnya menamakan mesin pencari mereka dengan nama BackRub karena sistem diteliti backlink untuk memperkirakan pentingnya sebuah situs. Akhirnya, mereka merubah nama menjadi Google, yang berasal dari kesalahan ejaan kata Googol.
Yang membedakan Google dengan mesin pencari website yang lain yaitu Google menggunakan teknologi PageRank, dimana relevansi sebuah website ditentukan oleh jumlah halaman, dan pentingnya halaman tersebut, yang menghubungkan kembali ke situs asli.
Awalnya Google dijalankan dibawah website universitas stanford dengan domain google.stanford.edu

Nama Domain untuk google telah didaftarkan pada 15 September 1997, dan perusahaan ini didirikan pada tanggal 4 september 1998. Hal ini didasarkan oleh seorang teman garasi (Susan Wojcicki) di Menlo Park California. Craig Silvertein Ph.D sesama mahasiswa di standford dipekerjakan sebagai karyawan pertama.

Pada Tahun 1999, Ketika mereka masih mahasiswa pascasarjana, Mereka memutuskan bahwa mesin pencari yang mereka kembangkan terlalu memakan banyak waktu mereka untuk belajar akademis. sehingga Larry dan Brin menawarkan untuk menjualnya seharga 1 juta dollar kepada EXCITE CEO George Bell. tetapi dia menolak.

Kini Page menjabat sebagai Pendiri dan Presiden divisi Produk. Dan Brin menjabat sebagai Pendiri dan Presiden divisi Teknologi. Sedangkan Chaiman dan CEO dijabat oleh Eric E. Schmidt.

Bill Gates
 
Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way. Bill Gates seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.

Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu. Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu berjam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. “Dia Adalah Seorang Eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk mendirikan sebuah perusahaan yang diberi nama Microsoft Corporation. Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan. Di tahun 1990 dan Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Dibalik kesuksesannya itu, Bill Gates juga melakukan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya. Di tahun 1990 dan 1998 Bill Gates mendapat tuntutan dari Departemen Keadilan Amerika Serikat dengan dakwaan Gates telah melakukan monopoli terhadap perusahaan-perusahaan kecil. Pada tahun 2000, Bill gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Pegawai Eksekutif dan ia memilih kembali ke profesi lamanya yang ia cintai yaitu Kepala Penelitian dan Pengembangan Perangkat Lunak di perusahaanya sendiri, Microsoft Corp. Dan pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya bersama istrinya Melinda Gates dan yayasan sosial itu diberi nama Bill & Melinda Gates Foundation.

Walaupun sistem operasi atau aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh Bill Gates tidak mendominasi pasaran didunia saat ini tapi Bill Gates tetap mendapatkan penghasilan yang luar biasa dari usaha-usahanya selama ini dan membuatnya beberapa kali terpilih menjadi orang terkaya di dunia, Berikut adalah Fakta Tentang Kekayaan dari Seorang Bill Gates :

1. Bill Gates menghasilkan US$250 setiap detiknya, atau sekitar US$20 juta sehari dan US$7,8 milyar setahun

2. Jika dia menjatuhkan US$1.000, dia bahkan tidak perlu repot-repot lagi untuk mengambilnya kembali karena sama dengan waktu 4 detik untuk mengambil, dia sudah memperoleh penghasilan dalam jumlah yang sama dalam waktu 4 detik.

3. Hutang nasional Amerika sekitar US$5,62 trilyun, jika Bill Gates akan membayar sendiri hutang itu, dia akan melunasinya dalam waktu kurang dari 10 tahun.

4. Dia dapat menyumbangkan US$15 kepada semua orang di dunia tapi tetap dapat menyisakan US$5 juta sebagai uang sakunya.

5. Jika semua uang Bill Gates ditukarkan ke dalam pecahan US$1, kita dapat menyusunnya menjadi jalan dari bumi ke bulan, 14 kali bolak balik. Tapi jalan itu harus dibuat non stop selama 1.400 tahun dan menggunakan total 713 buah pesawat Boeing 747 untuk mengangkut semua uang itu.

Note : "Jangan Anda bayangkan atau pikirkan kekayaan yang dimiliki oleh Bill Gates ini tapi bayangkan atau pikirkan Bagaimana Anda bisa sesukses beliau ? bisa atau tidak bisanya itu semua tergantung Anda. Jangan ambil sisi negative yang dimiliki oleh Bill Gates tapi ambillah sisi positive dari seorang Bill gates yaitu orang yang sangat telaten, ulet, dan bersemangat dalam melakukkan apapun yang diinginkannya."

Tim Berners Lee Pencipta WWW
 
Tim Berners Lee adalah ilmuwan komputer yang menemukan dan mengembangkan jaringan global maya atau WWW di dunia Teknologi Informasi (TI). Jika Internet jalan raya tempat arus lalu lintas data, maka WWW adalah browser-nya. Saat ini browser yang di gunakan adalah Internet Explorer, Opera, Netscape dan Mozila firefox. Tim Berners Lee juga menulis perangkat lunak yang mendefinisikan Hyper Text Markup Language (HTML), Uniform Resource Locator (URL) dan Hyper Text transfer Protocol (HTTP).

Semuanya itu adalah bahasa pemograman yang di gunakan banyak orang untuk menampilkan isi sebuah situs/blog dan bagaimana protokol situs-situs dapat di temukan di Internet dan berkomunikasi satu sama lainnya. Penemuan WWW ini berawal ketika Tim Bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel milik Eropa pada tahun 1980. Tim Berners Lee ingin membuat suatu software yang dapat menghubungkan data dan informasi yang dia miliki dengan para periset lainnya sehingga mereka dapat berkerja lebih efisien. Software tersebut di namakan Enquire within Upon Everything. Tim Berners Lee lantas meluncurkan browser-nya pada tahun 1991 namun belum banyak orang yang menggunakan media WWW yang di temukannya. Beberapa tahun kemudian seorang bernama Marc Andressen meluncurkan browser yang lebih populer yaitu Mosaic. Marc Anderssen lantas mendirikan Netscape. Sejak saat itu penggunaan Internet dan WWW berkembang pesat sampai saat ini.
James A. Gosling (Father Of Java)
 
James A. Gosling di lahirkan di Calgary, Canada pada tahun 1956. Gosling menekuni pendidikan di bidang Computer Science dari Canegie -Mellon University hingga meraih gelar Ph.D. Tahun 1984, Gosling bergabung dengan perusahan kecil yang baru berdiri pada waktu itu, yaitu Sun Microsystems. Awalnya James A. Gosling teribat dalam proyek pengembangan yang di sebut Green Project, salah satu dari hasil kreasinya adalah alat yang di sebut star seven, berbentuk seperti PDA. Semula alat tersebut di gunakan sebagai alat pengendali berbagi aplikasi rumah yang dapat mengontrol televisi, menjawab telepon, dan berbagi hal lainnya. Alat tersebut dapat di gunakan untuk berbagai aplikasi karena berdasarkan atas bahasa pemrograman yang sifatnya tidak tergantung pada prosesor tertentu. Seiring perkembagan nama bahasa pemrograman yang awalnya di namakan Oak di ubah menjadi Java hingga sekarang.

Salah satu pencapaian besar dari bahasa Java adakah bisa membuat hidup tampilan halaman web/blog. Kini bahasa pemrograman Java juga bisa di gunakan untuk aplikasi kelas enterprise, aplikasi mobile, smart card dan sebagainya. Oleh karena itu James A. Gosling sering di sebut sebagai Father of Java atau Bapak-nya Java.
Jerry Yang Pendiri Yohoo
 
Jerry Yang adalah salah satu pendiri dan pemimpin dari Yahoo. Jerry Yang dilahirkan pada tahun 1968 di Taipei, Taiwan, dengan nama Yang Chih-Yuan. Saat berusia 10 tahun, Yang Chih-Yuan dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat dan pada saat di Amerika Yang Chih-Yuan merubah namanya menjadi Jerry Yang. Di Amerika Jerry Yang masuk sebagai Mahasiswa tingkat Sarjana di Stanford pada tahun 1990. Pada tahun 1994, Jerry Yang mendapatkan gelar Sarjana Muda dan Master secara bersamaan.

Selanjutnya, Jerry Yang melanjutkan pendidikan doctor hingga bertemu dengan David Filo. Mereka berdua sangat menyukai kegiatan surfing di Internet. Dalam waktu singkat, mereka telah banyak membuat link-link (URL) favorit sehingga daftar yang mereka buat menjadi panjang. Oleh karena itu, mereka membaginya menjadi kategori-kategori, kemudian sub kategori, ini semua adalah konsep awal dari Yahoo. Situs yang mereka buat tersebut berjudul “Jerry’s Guide to the World Wide Web”, namun kemudian berganti nama menjadi Yahoo, singkatan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Tujuan awal dari pembuatan situs tersebut adalah sebagai alat untuk mencari sesuatu di Internet atau yang kita kenal sebagai search engine. Pada mulanya yang mengakses directori Yahoo hanya Jerry Yang, David Filo, dan beberapa teman dekat mereka di Universitas Stanford. Beberapa tahun kemudian situs ini mulai banyak orang yang mengaksesnya buat mencari sebuah informasi. Akhirnya Jerry Yang dan David Filo menjadikan Yahoo sebagai bisnis salah satunya Yahoo menyediakan pembuatan Email gratis.

John Von Neumann - Penggagas Komputasi Modern
 
John Von Neumann adalah salah satu ilmuwan terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer modern. John Von Neumann meningkat karya - karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von Neumann teletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer.

John Von Neumann di lahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Di sana, nama keluarga di letakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann. Pada saat Max Neumann memperoleh gelar, maka namanya berubah menjadi Von Neumann. Kegeniusannya dalam Matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya. Pada usia 17 tahun, Von Neumann sudah memublikasikan paper-nya sendiri untuk Journal of the German Mathematical Society. Pada tahun 1926, Von Neumann lulus dengan dua gelar yaitu gelas S1 pada bidang teknik kimia dari ETH dan gelar doktor (Ph.D) pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Semua itu di peroleh pada usia 23 tahun.

John Von Neumann meninggal pada 8 Februari 1957. Pada umur beliau yang singkat ini Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21 karena ide nya dalam Arsitektur Komputer atau Penggegas Komputasi Modern. Beliau pantas kita sebut sebagai Bapak Penggagas Komputasi Modern.
Linus Torvalds ( Father Of Linux )
 
Linus Torvalds lahir di Helsinki, Finlandia, pada tanggal 28 Desember 1969. ketika usianya baru 10 tahun dia sudah mulai berkecimpung dalam urusan pembuatan pemrograman computer melalui komputer Commoore VIC-20 milik kakeknya. Pada tahun 1988, Linus kuliah di University of Helsinky, Finlandia. Disana dia mulai mengenal pemrograman C. Untuk lebih memperdalam ilmunya, Linus kemudian membelil sebuah komputer yang kala itu masih menggunakan MS-DOS buatan Microsoft sebagai sistem operasinya. Tapi, kala itu Linus justru lebih tertarik pada komputer milik Universitasnya yang menggunakan sistem operasi UNIX. Ia pun coba mengembangkan sistem operasi yang memadai untuk PC UNIX. Beberapa bulan kemudian Linus berhasil membuat versi kasarnya yang diberi nama Linux. Nama Linux mungkin saja merupakan akronimdari Linus dan UNIX.

Untuk memperkenalkan sistem operasi barunya tersebut, Linus mem-posting pesan melalui internet kepada para pengguna PC di seluruh dunia. Bahkan Linus membuat software-nya untuk dapat di download secara gratis. Dan sebagaimana biasa dilakukan oleh sesama pengembang software saat itu, dia merilis source code-nya, yang berarti bahwa semua orang yang memiliki pengetahuan tentang pemrograman komputer dapat memodifikasi Linux untuk disesuaikan dengan tujuan mereka masing-masing.

Mengoperasikan Linux memang membutuhkan kecerdasan teknik yang cukup, sebab pengoperasiannya tidak semudah menggunakan sistem operasi yang lebih populer, seperti Windows, Mac milik Apple komputer, atau OS/2 milik IBM. Namun, karena para volunteer developer memuji sendiri akan kualitasnya, Linux menjadi cukup dikenal dengan keunggulan sebagi sistem yang efisien dan jarang sekali terjadi crash atau seperti kebanyakan orang menyebutnya dengan hang (sistem tiba-tiba berhenti).

Pada akhir tahun 1990, Linux mulai mendapatkan sambutan yang cukup besar dari pengguna PC. Bahkan para pesaing Microsoft sangat tertarik dan mulai ikut mengembangkan Linux. Perusahaan sperti Nestcafe Communication, Corel, Oracle, Intel, dan perusahaan-perusahaan lain mengumumkan bahwa mereka berencana untuk mendukung Linux sebagai alternatif sistem operasi yang murah sekaligus andal.

Linux di negara-negara berkembang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Harga perangkat lunak bisa mencapai 100 dollar AS atau lebih. Di negara yang rata-rata penghasilan per tahunnya antara 200-300 dollar AS, uang 100 dollar AS sangatlah besar. Dengan adanya Linux, semua berubah. Karena Linux dapat digunakan pada komputer yang tergolong lama, dia menjadi alternatif paling cocok bagi komputer beranggaran kecil. Di negara-negara Asia, Afrika, dan Amerika Latin, Linux adalah jalan keluar bagi penggemar komputer.

Karena keterbukaan pada sistem source codenya, banyak kelompok pengembang yang ikut memperbaiki segala fiturnya, sekaligus memindahkan berbagai aplikasi agar berjalan di Linux. Salah satu hasilnya yaitu adanya perubahan dari sistem operasi Linux yang tadinya cenderung kurang asing menjadi user friendly. Semua itu dimungkinkan berkat adanya KDE dan GNOME. Berkat kedua sistem operasi ini, tampilan desktop Linux lebih menarik dan mampu mengubah persepsi dunia tentang Linux.

Pemanfaatan sistem operasi Linux juga kini sudah diterapkan pada superkomputer dunia seperti The Tetragrid, sebuah Mega Komputer dari Amerika yang dapat menghitung lebih dari 13 triliun kalkulasi per detik (13.6 TeraFLOPS – Floating Operations Per Second). Tetragrid dapat dimanfaatkan untuk mencari solusi dari masalah matematika kompleks dan simulasi, dari astronomi dan riset kanker hingga ramalan cuaca.

Yang lainnya, yaitu Evolocity. Juga dari Amerika, sebuah komputer yang dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 9.2 TeraFLOPS, menjadikannya sebagai salah satu dari lima superkomputer tercepat di dunia. Bahkan dalam waktu yang sama, Linus mengambil posisi di Transmeta corp., yang dimiliki salah satu pendirinya, Paul Allen. Di situ, Linus bekerja dalam sebuah projek yang sangat rahasia, yang diasumsikan oleh banyak komunitas high-tech akan berkembang menjadi sebuah kekuatan yang bisa menjadi sumber serangan di masa depan bagi kerajaan Microsoft.

Ketika mulai diperkenalkan, sistem operasi Linux tidak mempunyai logo. Para pengembang pun bertanya-tanya dan mengusulkan agar Linux diberi logo sebagai identitasnya. Kemudian terpilihlah Penguin Tux (Torvalds Unix) sebagai logonya. Logo itu dirancang oleh seniman Larry Ewing. Terpilihnya logo penguin berdasarkan pengalaman Linus pada waktu berlibur, ia pergi ke daerah selatan. Disana dia bertemu seekor penguin pendek yang menggigit jarinya. Kejadian lucu ini merupakan awal terpilihnya penguin sebagai logo sistem operasi ciptaannya. Hingga sekarang, logo Linux sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia. Orang lebih mudah mengenal segala produk yang berbau Linux hanya dengan melihat logo yang unik nan lucu ini. Oleh karena itu Linus Torvalds sering di sebut sebagai Father of Linux atau Bapak-nya Linux (Penguin).

Steven Paul Jobs
Steven Paul Jobs lahir di San Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 adalah Pemimpin perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak dan tokoh utama di industri komputer. Sebagai pendiri bersama Steve Wozniak Apple Computer di tahun 1976, ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan Apple II. Kemudian, Ia merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox, dan kemudian teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Machintos.


Steven Paul Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan komputer animasi terkemuka di dunia layar lebar. telah menjadi multi-jutawan sebelum berumur 30 tahun. Dimulai dengan perusahaan NeXT untuk membuat sistem pendidikan dengan harga yang terjangkau, dan menemukan bahwa menjual software lebih baik dari pada menjual hardware.

Dilahirkan di San Fransisco oleh Ibunya Joanne Simpson dan Ayahnya Abdulfattah Jandali mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi beliau diadopsi Paul dan Clara Jobs dari Mountain View, Santa Clara County California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs. Orang tua biologisnya kelak menikah dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson yang kini terkenal sebagai Novelis.

Beliau melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, Califonia, seringkali setelah jam sekolah mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Maka tak heran segera setelah itu Ia dan Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan ini. Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan atau drop out setelah satu semester. Tapi ia segera mendaftar ke Reed College, salah satu hal yang dipelajari di sini kaligrafi. "Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar hanya satu semester mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional," katanya.

Di musim gugur tahun 1974, Steven Paul Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan "Homebrew Computer Club" dengan Steve Wozniak. Dia dan Wozniak bersama bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainannya. Motivasinya saat itu adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.

Jobs kemudian melakukan perjalanan pencerahan spritual ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kottke, yang kemudian hari menjadi pegawai Apple yang pertama. Kembali dari India dia menjadi Buddhist dengan rambut dicukur/gundul dan mengenakan pakaian tradisional India (biksu). Selama masa ini ia mempraktekkan psychedelics (semacam meditasi, saat itu Jobs sering dianggap aneh, karena berjalan telanjang kaki di atas Salju- ini semacam meditasi kesadaran). Ini adalah dua atau tiga hal yang paling penting dalam hidup yang pernah ia lakukan dalam hidupnya.

Di tahun 1976, Jobs, usia 21, dan Wozniak, 26, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs and Wozniak diberi name Apple I. Komputer itu dijual dengan harga AS$666.66, sebagai referensi terhadap nomor telpon dari Wozniak's Dial-A-Joke machine, yang berakhir dengan -6666.

Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda. Di tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.

Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari perusahaan Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer, dengan tantangan, "Apakah kamu mau menjual minuman berkarbon seumur hidupmu, atau maukah kamu mengubah dunia?" (Do you want to just sell sugared water for the rest of your life, or do you want to change the world?) Tahun itu juga, Apple juga mengeluarkan Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu tapi gagal meraih pembeli di pangsa pasar.

Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Machintos, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti di Xerox's PARC, tetapi belum sempat dikomersialkan. Kesuksesan Machintos membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.

Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, Banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.

Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains. (Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan menggunakan sebuah NeXT workstation.) Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi sepert program object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical.

Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.

Dengan pembelian NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya (walaupun iMac juga banyak menggunakan teknologi maju di dalamnya). Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merek yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi Apple.

Belakangan ini, Apple mulai mengembangkan sayapnya. Dengan pengenalan iPod alat musik portabel, piranti lunak iTunes, dan iTunes Music Store, perusahaan tersebut melakukan gebrakan di bidang peralatan elektronik pribadi dan musik online. Sambil merangsang inovasi, Jobs juga mengingatkan bawahannya bahwa, "artis tulen membuahkan hasil," (real artists ship) yang maksudnya adalah, menghasilkan karya-karya dengan tepat waktu sama pentingnya dengan inovasi dan produk jitu.

Jobs bekerja di Apple selama beberapa tahun dengan gaji AS$1/tahun. Karenanya dia tercatat di buku Guinness World Records sebagai "pemimpin perusahaan dengan gaji terendah" (Lowest Paid Chief Executive Officer). Setelah Apple mulai meraih laba penjualan kembali, perusahaan tersebut melepaskan gelarnya sebagai pemimpin sementara. Saat ini penghasilannya di Apple adalah AS$219 juta, menurut sebuah artikel yang ditulis di situs Bloomberg di tahun 2003.

Jobs sangat dikagumi karena keahliannya untuk meyakinkan orang dan menjadi salesman unggul, yang sering dijuluki reality distortion field dan hal ini tampak nyata saat ia memberikan keynote speeches di Apple expos. Namun, kegigihannya juga pernah mengundang sial. Kekerasan kepalanya mungkin telah menyebabkan Apple kehilangan kesempatan emas untuk menjadi pemimpin di bidang komputer pribadi. Keenganannya untuk membiarkan perusahaan lain membuat komputer yang kompatible dengan Machintos mengakibatkan Apple harus menelan kekalahan dalam merebut pengguna komputer yang ada. Perusahaan piranti keras dan lunak akhirnya memutuskan untuk mengadopsi platform IBM PC yang menggunakan sistem operasi buatan Microsoft. Microsoft kemudian juga mengejar ketinggalannya dari Apple dengan mengembangkan antarmuka pengguna grafis buatan mereka sendiri, Microsoft Windows.

Di tahun 1986 Jobs mendirikan (bersama Edwin Catmull) Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa yang dahulunya divisi grafik komputer milik Lucasfilm, yang Jobs beli dari pendirinya, George Lucas, sebesar AS$10 juta. Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Award yaitu Finding Nemo dan The Incredibles. Karena kepemimpinannya di Pixar dan juga kemapanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan salah satu calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar.

Bill Atkinson
Bagi Anda para penggemar Apple, tentu akan sangat sayang sekali jika tidak mengenal tokoh yang satu ini. Beliau adalah Bill Atkinson, programer jenius di balik QuickDraw, MacPaint dan HyperCard. Bill Atkinson juga termasuk anggota tim Machintos di Apple Computer. Sebagai salah seorang arsitek software di Machintos, Bill juga pionir dalam teknik percetakan digital dah ahli dalam color management. Bill telah mengembangkan profil ICC untuk Calypso Imaging Inc.

Bill adalah seorang lulusan dari University of California, San Diego. Impiannya adalah ingin menjadikan komputer sebagai mesin yang memiliki kemampuan tanpa batas. Pertama-tama dia memberi kekuatan kepada kita agar mampu membuat karya grafis yang canggih. Sekarang ini, beliau memberikam kekuatan kepada kita untuk mengembangkan softaware tanpa perlu tahu satu baris kode pun.

HyperCard merupakan proyek Bill yang paling prestisius. Terobosan lain dari HyperCard ini adalah berkembangnya teknologi fast searching. Dalam penelitiannya, secara teoritis Bill memperkirakan bahwa kecepatan searching akan meningkat 100 kali lebih cepat. Namun dalam percobaan secara langsung, ternyata hasilnya 700 kali lipat. Perkiraan Bill bahwa 100 tahun ke depan, nilai dari sebuah PC bukan terletak pada spreetsheet, pengolah kata atau desktop publishing, akan tetapi pada web.
Joe Hewitt dan Blake Ross

Anda menggunakan browser Mozilla Firefox bukan? Pemuda hebat inilah yang membuatnya. Tahun 2003 menjadi tahun bersejarah bagi Blake Ross membuat Mozilla dalam berusia 19 tahun (gw 2 tahun lebih muda ). Mozilla tumbuh sangat pesat, menggoda pengguna Internet untuk memakai browser Mozilla Firefox yang lebih mudah dioperasikan dibandingkan kebanyakan aplikasi penjelajah web lainnya serta alasan kuat lainnya adalah lebih cepat memuat halaman website. Dengan mudah kita dapat menerapkan tips mempercepat koneksi internet dengan Add On yang open source.

Mark Zuckerberg

Pemuda ini mungkin sudah menjadi pemuda paling kaya sepanjang perjalanan web jejaring social Facebook! Alumni mahasiswa Harvard University. Dalam usia yang ke-19 tahun Mark menciptakan Facebook yang kini menjadi situs web jaringan sosial terbesar kedua setelah MySpace. Tak heran jika Komunitas Cyber Kebumen juga sudah membuat group di Facebook. Silahkan daftar menjadi member di Facebook.

Steve Chen dan Chad Hurley


Kalau Anda sering mencari video porno klip di internet pasti Anda pernah membuka YouTube! Steve dan Chad mendirikan YouTube tahun 2005 yang saat itu Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun. Sekarang YouTube diakuisisi oleh Google dengan nilai $1.65 milyar. Sehingga mencari video lebih mudah dan praktis.
Matt Mullenweg

Para Blogger kalau ditanya tentang siapa Matt Mullenweg pasti tahu. Karena mereka memanfaatkan hasil karya cipta terbesar di dunia blogging. Matt Mullenweg menciptakan menciptakan platform blogging WordPress saat berusia 19 tahun tepatnya di tahun 2005 kemarin. dan sejak itu blogosphere mulai berevolusi.

Pierre Omidyar


Saat Pierre Omidyar berusia 28 tahun ia mendirikan eBay sebagai website lelangan online sedunia. Yang kemudian idenya ditanggapi oleh banyak pengunjung pada akhirnya membuat eBay menjadi platform dunia.

Tom Anderson

Hi! I am Tom pernah mendengar kata tersebut. Jika Anda pengguna MySpace mungkin sudah aware dengan Tom. Tom Anderson mendirikan MySpace di tahun 2004 ketika berusia 23 tahun. Dia mungkin tidak sekaya Mark Zuckerberg. Akan tetapi ia tercatat sebagai pendiri jaringan sosial yang dipakai paling luas di Internet.

2 komentar:

Sandelrahma mengatakan...

kang klo copas sebutka sumbernya dunk

Imam syafaat mengatakan...

ya mas,, maaf kalo belum cantumin sumbernyaa, ntar dah q cantumin sumbernya

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar di sini,, karena komentar anda adalah motivasi buat saya dan blog saya, sebelumnya terimaksih sudah mau berkunjung di FaatLive Thanks By Faat

AYO IKUTI KAMI DISINI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Imam Syafaat | Bloggerized by FaatLive Blogz - Berita Spesial Dan Info Terbaru | Cerita Sejarah Naruto dan Perjalananya